-->

8 Resep Jajanan Pasar yang Paling Disukai Anak Jaman Sekarang

Aneka Resep Jajanan Pasar - Ada banyak sekali jenis jajanan pasar yang paling disukai anak-anak, mulai dari makanan sampai berbagai minuman yang unik. Adanya jajanan pasar ini tentunya mengingatkan kita saat masih duduk di bangku SD dan membuat kita rindu akan masa itu. Pamor dari jajanan pasar ini memang tidak sepopuler dahulu, namun kita masih bisa menjumpai pedagang yang menjual makanan ini di tempat-tempat tertentu. Rasanya yang melegenda, tentunya tak heran jika jajanan pasar ini banyak diburu dan digemari oleh anak-anak hingga dewasa.

Bagi kamu yang ingin menikmati jajanan pasar namun sulit menemukan pedagang yang menjual jajanan ini, tidak ada salahnya jika kamu membuat jajanan pasar ini sendiri dirumah. Cara membuat jajanan pasar ini sangatlah mudah, bahannyapuntidak sulit untuk di dapat dan pastinya untuk rasa tentu sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa. Supaya kamu dapat membuat jajanan pasar ini sendiri, berikut adalah 8 resep jajanan pasar yang paling disukai anak yang wajib untuk kamu coba di rumah.

#Resep jajanan pasar yang paling disukai anak:

1. Cilok 
 
Jajanan Cilok

Cilok merupakan sebuah jajanan pasar yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa menyukai makanan ini. Teksturnya yang kenyal dan bentuknya yang bulat menjadi daya pikat anak-anak. Nah bagi kamu yang ingin membuat cilok sendiri ataupun untuk usaha bisnis cilok, berikut adalah resep dan cara membuat cilok:

Cara membuat cilok:


- Pertamadidihkan air kaldu dengan campuran 3 siung bawang putih dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu masukkan 1 sendok minyak goreng ke dalam panci.

- Sambil menunggu air mendidih siapkan adonan dari campuran tepung terigu dan tepung sagu yang diberi garam serta merica secukupnya. Buat bulatan dengan menggunakan sendok sesuai selera. Untuk isian ciok sendiri kamu bisa menambahkan daging cincang atau keju sesuai selera.

- Kemudian masukkan bulatan tersebut kedalam panci yang terisi oeh air kaldu yang mendidih. Setelah cilok mengambang, angkat dan tiriskan.

2. Telur Gulung 
 
Jajanan Telur Gulung

Jajanan pasar favorit anak-anakselanjutnya yaitu telur gulung. Rasanya yang gurih apalagi dicampur dengan perpaduan saus dan kecap akan menambah kenikmatan jajanan pasar ini. Bagi kamu yang ingin bernostalgia jajanan SD yang fenomenal ini, berikut adalahresep telur gulung:

Cara membuat telur gulung:


- Pertama, kocok telur yang sudah diberi garam, merica dan penyedap rasa secukupnya menggunakan sendok.

- Kemudian siapkan tusuk sate untuk melilit adonan telur.

- Lalu, panaskan minyak menggunakan api sedang. Hindari memasak telur gulung memakai api besar, karena hal tersebut dapat membuat terlur cepat matang dan susah untuk dililitkan.

- Setelah itu, tuangkan kira-kira 5 sendok teh telur ke dalam minyak panas kemudian langsung gulung dengan menggunakan tusuk sate.

- Langkah terakhir celupkan gulungan telur kedalam sisa kocokan, kemudian goreng kembali hingga matang dan tiriskan.

3. Kue Leker 

Jajanan Kue Leker

Kombinasi rasa gurih dan manis membuat kue leker ini semakin diburu oleh anak-anak hingga orang dewasa. Dahulu varian rasanya hanya sedikit, namun sekarang banyak sekali varian rasa yang ditawarkan. Sehingga tentu rasa akan sesuai dengan lidah anak jaman sekarang. Berikut resep membuat kue leker:

Cara membuat kue leker:

- Pertama, ayak tepung terigu kemudian campurkan dengan kocokan telur. Jangan lupa tambahkan garam, vanili, dan air kemudian aduk hingga merata dan kalis.

- Kemudian diamkan adonan selama 20 menit.

- Sambil menunggu, panaskan wajan yang berbentuk pipih lalu lumuri dengan mentega.

- Kemudian, buat dadaran tipis, dan tunggu hingga agak mengering. Jangan lupa untuk menambahkan isian seperti pisang, meses atau susu.

- Setelah itu lipat adonan kue menjadi bentuk segitiga dan balik adonan kue ini supaya matangnya merata.

4. Martabak unyil 
 
Jajanan Martabak Unyil
Umumnya martabak berukuran besar, namun jangan salah ada juga lho martabak yang berukuran kecil. Bentuknya yang mungil tentu memberikan rasa penasaran tersendiri, khususnya untuk anak-anak. Jika kamu tertarik untuk membuatnya berikut resep membuat martabak unyil:

Cara membuat martabak unyil:


- Pertama, buat adonan dengan campuran tepung terigu, ragi, baking powder, garam, gula pasair, telur ayam dan susu. Aduk hinga merata dan adonan menjadi kalis.

- Panaskan wajan khusus dengan api kecil. Kemudian masukkan mentega secukupnya.

- Tuangkan dan ratakan adonan kedalam cetakan.

- Masak hingga setengah matang sampai muncul uap yang keluar dari permukaan

- Kemudian tambahkan topping sesuai selera bisa dengan coklat, meses, keju atau kacang. Lalu tunggu kira-kira ½ menit.

- Angkat dan martabak siap dinikmati.

5. Es Kado 
 
Jajanan Es Kado

Jajajan pasar yang paling digemari anak-anak selanjutnya adalah es kado. Rasanya yangmanis dan dingin menambah kenikmatan es ini. Apabila kamu ingin membuat jajanan pasar ini berikut resep membuat es kado:

Cara membuat es kado:

- Pertama panaskan campuran santan, gula pasir, susu dan garam, aduk secara merata dan tunggu sampai mendidih

- Lalu ambil 100 ml adonan dan campurkan dengan telur. Setelah itu masukkan adonan ini kedalam campuran santan lalu aduk dengan cepat hingga merata.

- Kemudian masukkan mangga halus serta pewarna makanan sambil diaduk. Jangan lupa untuk menambahkan meizena. Aduk sampai adonan mengental.

- Lalu tuangkan adonan dalam cetakan es potong sampai agak penuh. Jangan lupa sisipkan 1 buah stik kayu ke dalam lubang cetakan. Kemudian bekukan di freezer.

6. Kue Cubit 
 
Jajanan Kue Cubit

Jaman dahulu kue ini banyak diburu oleh anak-anak. Selain rasanya yang nikmat dan enak tentunya kue ini juga bisa menggenyangkan perut. Jika kamu ingin membuatnya, mari simak penjelasan resep membuat kue cubit berikut:

Cara membuat kue cubit:

- Pertama, campurkan adonan tepung terigu dan mentega kedalam kocokan telur yang sudah ditambahkan gula. Aduk hingga merata dan kalis.

- Jangan lupa menambahkan baking powder, soda kue, vanilla bubuk,kemudian aduk hingga tercampur

- Kemudian panaskan cetakan dengan api sedang, lalu tuangkan adonan ke dalam cetakan.

- Tunggu sampai adonan setengah matang. Beri topping sesuai selera seperti susu atau meses.

- Setelah matang angkat dan kue cubit siap disantap.


7. Kue Rangi

Jajanan Kue Rangi

Kue ini merupakan makanan khas dari indonesia yang sudah mulai sulit ditemukan. Kue yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur parutan kelapa ini semakin digandrungi anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang nikmat. Berikut resep membuat kue Rangi:

Cara membuat kue Rangi.

- Pertama, buat adonan dengan campuran tepung sagu dan parutan kelapa, jangan lupa diberi garam dan air secukupnya hingga membentuk butiran.

- Tuangkan adonan ke dalam cetakandengan api sedang dan diamkan hingga matang.

- Setelah matang angkat dan kue rangi siap untuk dinikmati.

8. Rambut Nenek

Jajanan Kue Rambut Nenek
Jajanan pasar ini sangat legendarais. Rasanya yang manis dan bentuknya yang menyerupai rambut yang berwarna merah membuat jajanan pasar ini dijuluki rambut nenek. Jika kamu ingin membuatnya dirumah, berikut resep membuat jajanan pasar rambut nenek:

Cara membuat rambut nenek:

- Langkah pertama masukkan tepung terigu kedalam wajan yang telah di beri minyak goreng, lalu aduk hingga muncul aroma harum dan berwarna kecoklatan.

- Tunggu hingga dingin.

- Untuk membuat gulalinya, campurkan gula pasir, air dan pewarna ke dalam wajan panaskan dengan api yang sedang.

- Aduk hingga merata dan adonan menjadi kental.

- Setelah itu, masukkan adonan gula ke dalam adonan tepung terigu yang telah dingin kemudiantarik-tarik hingga menyerupai rambut.

Nah, itulah ulasan mengenai 8 jajanan pasar yang paling disukai anak. Resep-resep di atas bisa kamu buat sendiri dirumah karena cara membuatnya sangatlah mudah. Tentunya dengan sedikit kreatifitas, jajanan pasar legendaris di atas bisa menjadi makanan favorit baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Note: Only a member of this blog may post a comment.