Resep Masakan Soto Banjar Enak dan Komplit

Advertisement
Popular Culinary - Soto Banjar atau lengkapnya Soto Banjarmasin ya mungkin seperti itu. Kuliner Soto Banjar ini asal mulanya memang dari Banjarmasin mungkin anda sedah tau atau sudah pernah makan soto banjar ini. Soto banjar juga terdapat beberapa tingkatan atau varian ada yang sedang sampai yang complete. Jika ingin membuat Soto Banjar yang komplite memang butuh waktu yang agak lama jadi mohon bersabar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya.  Kalau anda terburu-buru atau tidak punya waktu luang sebaiknya ditunda saja dulu daripada hasilnya tidak memuaskan. Selain bumbu halus, Soto Banjar memiliki bumbu rempah khusus yang membuat rasanya sangat istimewa, pokoknya beda dari soto yang lain.

Resep Masakan Soto Banjar Enak dan Komplit
Bagi yang belum terbiasa dengan bumbu rempah ini, mungkin benda  ini terasa asing bagi anda. Seperti bunga lawang atau pekak bentuknya seperti bintang kalau nama Inggrisnya Star Anise, Kapulaga rempah berwarna hijau serta adas manis, bentuknya mirip jintan tapi agak melengkung.  Adas manis bahkan mirip dengan adas biasa tapi beda warna saja dan rasanya juga sangat berbeda.  Itulah salahsatu ke unikan dari soto banjar bumbunya saja terasa unik hehe

Masing-masing rempah yang ada di atas mempunyai rasa khas dan aroma tajam dan saat berpadu menjadikan kuah Soto Banjar terasa sedap dan nikmat!
Baca juga: Resep Martabak Daging Enak, Gurih dan Renya
*Note: Bumbu rempah Soto Banjar pada umumnya disarankan untuk dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus bersama air dan ayam, tapi sesuai pengalaman saya aroma rempah kurang nendang. Dulu pernah saya rebus rempah tanpa kain pembungkus kemudian kaldu saya saring, hasilnya rasa dan aroma rempah lebih tajam mengena dan menurut saya lebih enak dan nikmat. Cara ini juga lebih praktis karena tak perlu repot lagi membungkus. Cara mana yang lebih anda sukai silahkan pilih tergantung selera anda.

Jika anda menggunakan ayam potong sebaiknya buang kulit luarnya biar tidak terlalu berlemak. Meskipun rasanya sedap dan nikmat tetapi kelebihan lemak dapat merusak penampilan kuah Soto anda dan mengurangi selera makan bagi orang yang memiliki Kolestrol tinggi. Ini sekedar saran saja anda yang menentukan pilihan. Selamat mencoba ya sahabat popular-Culinary dan Semoga sukses!!
Cara Membuat:
  1. Terlebih dahulu Didihkan 2.5 liter air dalam panci yang agak besar.
  2. Bungkus bumbu rempah dalam kain tipis atau kain kasa dalam keadaan utuh (Boleh juga tidak membungkusnya seperti saran saya di atas) kecuali pala (dimemarkan) dan kapulaga yang harus dikupas dan ditumbuk kasar.
  3. Ikat bungkusan dengan benang sampai rapat. Sisihkan.
  4. (Langkah ini tidak perlu jika rempah anda rebus tanpa pembungkus seperti catatan yang saya tulis di atas).
  5. *** Setelah mendidih, kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ayam dan bumbu rempah.
  6. Masak sampai air mendidih, ayam matang dan aroma bumbu rempah menyatu ke dalam kaldu ayam.
  7. (Buang jika masih ada lemak yang muncul di permukaan air.
  8. Sambil merebus ayam, haluskan bahan bumbu halus dengan ulekan atau blender sampai halus.
  9. Tumis bumbu halus sampai matang dan berbau harum. Campuran bawang merah dan bawang putih halus kadang agak lengket, jadi harap sabar saat menumis ;-).
  10. Buang kelebihan minyak pada bumbu tumis jika perlu. Sisihkan.
  11. Angkat ayam jika sudah empuk dan suwir-suwir. Sisihkan.
  12. Cicipi kaldu, pastikan rasa dan aroma rempah sudah sesuai dengan selera anda. Rebus lagi lebih lama jika anda ingin aroma yang lebih tajam.
  13. Ambil bungkusan kain rempah atau saring kaldu dengan saringan santan jika anda merebus tanpa kain pembungkus.
  14. Masukkan tumisan bumbu halus, kaldu bubuk, garam dan gula ke dalam panci kaldu. Masukkan kembali ayam suwir, didihkan kembali.
  15. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  16. Terakhir masukkan irisan daun bawang dan seledri.
Cara Penyajian:
  1. Ambil mangkok, letakkan irisan ketupat, suun dan telur rebus.
  2. Beri ayam suwir, siram dengan kuah soto.
  3. Tambahkan perkedel, taburi dengan irisan seledri dan bawang merah goreng.
  4. Jika suka beri perasan jeruk nipis. Sajikan sambal di tempat terpisah.
Catatan:
  1. *** Masukkan ayam dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang supaya sari ayam terkunci dan terasa lebih gurih.
  2. Dengan teknik ini anda juga akan mendapatkan kaldu yang jernih dan lemak tidak mengambang ke permukaan air.
Baca juga: Resep Masakan Asam Pedas Ikan Lezat dari Pulau Sumatra
Nah itulah resep soto banjar dan cara pembuatannya. Buat  kalian semua khususnya yang doyan masak bisa anda praktekan di rumah. Nantikan resep berikutnya dan jangan lupa di share ya. Semoga berhasil.