-->

Resep Masakan Asam Pedas Ikan Lezat dari Pulau Sumatra

Popular Culinary - Resep Kali ini adalah Resep Masakan Khas ala Provinsi Riau daratan yaitu Asam Pedas Ikan. Masakan ini juga sangat terkenal di daerah sumatera, bukan cuman terkenal namanya tetapi juga terkenal juga dengan rasanya yang enak dan sedap.

Resep Masakan Asam Pedas Ikan dari Pulau Sumatra
Yang belum pernah mencicipi resep ini tentunya sudah penasaran bagaimana cara pembuatannya. Baiklah kita tidak usah menunggu lama lagi. Langsung saja kita mulai sobat Culinary. Jadi Ikan yang dipakai umumnya 2 macam. Yang biasa kita gunakan bahan Ikan Baung atau disebut Asam Pedas Baung. Dan bisa juga memakai bahan ikan patin atau disebut Asam Pedas Patin. Sayangnya ikan Baung tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang yang ada cuman kebetulan saya punya stok ikan lele yang masih sejenis ikan baung tetapi gak ada salahnya kita pakai ikan ini saja. Buat anda yang punya problem serupa silahkan pakai cara di atas. Tentu saja saya tak akan menamakannya" Asam Pedas Lele". Bisa jadi nanti saya diprotes sama orang dari Riau hehe
Intinya adalah memperkenalkan resep ini kepada anda dengan memberi akses semudah mungkin khususnya bagi yang tinggal di perantauan. Rasa kuah dari masakan ini sangatlah lezat khususnya bagi penikmat masakan ikan. Kan sayang kalau resep ini dilewatkan begitu saja hanya karena kendala jenis ikan yang tak bisa dapat semua orang. Menurut  pendapat saya dengan ikan apapun rasanya tetap enak dan gurih. Terutama Paduan antara rasa pedasnya dan asam yang terasa segar lewat ditenggorokan hmmmm,,, ngilerrr dech hehe!!. dan untuk sodara dari tanah Riau, mohon maaf jika ada yang salah atau kekurangan mungkin bisa ditambahkan di kolom komentar di bawah.
Baca juga: Resep Masakan Kari Langsa Ayam Kampung Nikmat dan Lezat
Cara Membuat Asam Pedas Ikan dari Provinsi Riau:
  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan menggunaka cobek atau blender.
  2. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun kunyit, serai dan daun jeruk purut hingga matang dan berbau harum.
  3. Tambahkan 600 ml air panas, masak sampai kuah mendidih.
  4. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, tutup dan masak sampai ikan berubah warna dan matang.
  5. Tambahkan belimbing wuluh, masak sampai layu.
  6. Tambahkan larutan asam jawa.
  7. Terakhir beri garam & gula sesuai selera. Aduk rata & angkat.
  8. Sajikan panas. 
Demikian artikel "Resep Masakan Asam Pedas Ikan Sumatra" sekali lagi jika ada kesalahan atau kekurangan ditambahkan. Semoga resep ini bisa membuat selera makan anda bertambah. Terima kasih dan sampai jumpa sobat Culinary.

Note: Only a member of this blog may post a comment.