Resep Kapurung Kuliner Asli Palopo yang Rasanya Enak dan Mantap

Advertisement
Popular Culinary - Satu lagi nich kuliner asli sulawesi selatan selain coto makassar yaitu kapurung. Kapurung dikenal dengan kuliner atau masakan yang berasal dari kota palopo atau daerah luwu sulawesi selatan. Jika anda jalan jalan ke sulawesi cobalah cari masakan ini, yakin banget anda gak nyesal dan pengen anambah lagi.

Kuliner ini terbuat dari sagu dimana paling banyak di daerah sulawesi selatan ialah tepatnya di kota palopo dan luwu ini. Rasa kapurung ini sedikit kenyal dan memiliki varian rasa. Kapurung juga banyak variannya ada kapurung ayam, ikan, udang dll. Tetapi disini kita cukup membahas intinya saja yaitu cara membuat kapurung yang rasanya enak dan mantap pastinya. Masalah kapurung ayam, ikan, udang itu nanti anda yang memilih mau pakai apa saja boleh.
Baca juga: Resep Pancake Pisang Simple dan Enak Rasanya
Nah sebagai panduan anda ini ada video pendek dari icha cannel yang bisa sedikit membantu anda disini


Kapurung Terlihat Nikmat dan Gurih
Nah jika anda memasak kapurung kurang lebih seperti yang ada pada gambar di atas. Gambar di atas menggunakan ikan sebagai bahan tambahan. Selain ikan anda juga bisa menggunakan ayam, udang, dll.

Oke sobat Culinary sekarang kita saatnya mempersiapkan dulu bahan-bahannya. Seperti apa itu? lihat bahannya dibawah ini:

Bahan untuk Membuat Kapurung
100 gram Tepung Sagu
1 ekor Ikan Bandeng atau bisa diganti ikan lain
2 ikat Sayur kangkung (bisa diganti dan ditambah asyur lain)
1 buah Jantung Pisang (optional)
1 liter Kacang Tanah
100 gram Ikan Teri
1 sendok teh Kunyit
1 sendok teh Garam
4 liter Air
3 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
8 biji Cabai (Cabe) Rawit Hijau
4 biji Tomat
2 sendok makan Minyak Goreng 
Note: Bahan di atas bisa untuk empat porsi.

Kemudian Langkah pembuatan Kapurung yang enak dan manyuss ini bisa anda lihat di bawah ini:

  • Rendam tepung sagu dengan air hingga air berada +/- 3mm diatas tepung sagu, diamkan. Sementara itu rebus 3 ltr air untuk menyiram sagu. (sagu disiram setelah semua bahan selesai diolah)
  • Masak Ikan: Tumis 2 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan/dipotong tipis, tambahkan kunyit, setelah harum, masukkan 900 ml air, tunggu hingga mendidih. tambahkan 1/2 sdt garam. Masukkan ikan, tunggu hingga ikan matang. Setelah matang, keluarkan ikan dari kuah, dan dinginkan, pisahkan tulangnya, haluskan dengan cara ditumbuk.
  • Masak sayuran Didihkan 500ml air, masukkan irisan bawang merah dan putih. setelah mendidih, masukkan sayuran dan tomat utuh.. Setelah matang pisahkan dengan kuahnya. campurkan kuah sayur dan kuah ikan. Diamkan hingga suam-suam kuku..
  • Rebus jantung pisang yang telah dipotong-potong kasar hingga matang, tiriskan.. buang airnya. setelah agak dingin, haluskan (ditumbuk), tapi jangan terlalu halus.
  • Sangrai kacang dan ikan teri secara terpisah. Pisahkan kacang dengan kulit merahnya. Tumbuk kacang dan ikan teri. Jangan terlalu halus.
  • Bakar terasi hingga matang, jangan sampai hangus. Tumbuk dengan tomat yang telah direbus.
  • Buang sebagian air pada rendaman tepung sagu.. aduk rata tepung sagu yang sedikit mengeras sampai mengental (tercampur rata). Kekentalan yg baik ketika sendok diangkat, sagu yg jatuh tidak terputus2. Seduh dengan air mendidih. Air mendidih jangan langsung diseduh semua, tapi secara perlahan agar bisa dilihat kekentalan pada sagu. Segera diaduk +/- 15 menit. aduk cepat. *hentikan menyiram jika sagu sudah berwarna agak transparan dan warna putih dari sagu tinggal sedikit di bagian atas.
  • Ambil wadah kuah dari ikan dan kuah sayur.. - Gulung2 sagu dengan bantuan sumpit (diputar-putar), dan masukkan kedalam campuran kuah diatas. Lakukan hingga adonan sagu habis. - Masukkan ikan teri dan kacang yang telah ditumbuk. - Masukkan tomat yang telah ditumbuk bersama terasi. - Masukkan ikan yang sudah ditumbuk, - Masukkan jantung pisang yang telah ditumbuk, dan terakhir masukkan sayuran.
  • Hidangkan dengan cabai rawit yang telah ditumbuk dan berikan sedikit perasan jeruk nipis.
Baca juga: Resep Coto Makassar yang paling enak dan gurih
Nah itu dia sobat culinary cara membuat kapurung dari ikan. Tentunya anda sudah tidak sabar lagi ingin menikmatinya. Selamat memasak ya teman teman semoga rasanya sesuai yang diharapkan. Terima kasih dan sampai jumpa semoga bermanfaat.